https://ferrari-wiki.com/ https://www.hillaryfarm.co.id/images/keth88/ https://ppdisnakertrans.riau.go.id/ http://103.153.229.43/ https://irontrianglebrewing.com/ http://38.9.137.147/ http://38.9.137.143/ http://multapipvtiti.com/bbfstoto/ https://umbima.ac.id/wp-content/-/ https://cg57811.tmweb.ru/halo/ https://dishub.riau.go.id/wp-content/-/ http://103.168.147.224/ https://slotqris.media9.co.id/content/ http://dim-et-ioann.ioa.sch.gr/content/ https://dishub.riau.go.id/wp-admin/content/ https://ace.dilmil-yogyakarta.go.id/content/ https://bappeda.langsakota.go.id/slot-terbaik/ https://mediasumbar.everettsonthego.com/
https://www.norcarestaurant.ca/wp-content/-/ http://strengthsensei.elegance.work/ https://institutomarlene.edu.co/wp-content/assets/
PENDEKATAN KONSTRUKTIVISTIK PEMBELAJARAN UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR VOLUME DAN LUAS SISI BANGUN RUANG SISI LENGKUNG SISWA KELAS IX D SMP NEGERI 30 PURWOREJO | Ediyanto | LIMIT - Pendidikan Matematika

PENDEKATAN KONSTRUKTIVISTIK PEMBELAJARAN UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR VOLUME DAN LUAS SISI BANGUN RUANG SISI LENGKUNG SISWA KELAS IX D SMP NEGERI 30 PURWOREJO

Suprih Ediyanto

Abstract


Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan siswa dalam menentukan volum dan  luas sisi bangun ruang sisi lengkung tabung menggunakan pendekatan konstruktivistik .

Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IX D SMP Negeri 30 Purworejo.  Aspek yang diamati adalah aktivitas siswa, sikap guru, dan hasil belajar siswa.

Hasil penelitian menunjukkan peningkatan ketuntasan belajar dari kondisi awal ke siklus 1 dan siklus 2 yaitu: 41,02%,  56,41%, dant 80%. Aktivitas siswa meningkat 25% (dari 50% menjadi 75%) dan nilai sikap guru juga ada meningkat sebesar 10%  (dari 70% menjadi 80%).Jadi pendekatan konstruktivistik mampu meningkatkan ketrampilan siswa dalam menentukan volum dan luas sisi bangun ruang sisi lengkung.

Kata Kunci: konstruktivistik


Full Text:

PDF Text

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.